4 Tips Untuk Menjernihkan Kehidupan Kita

4 Tips Untuk Menjernihkan Kehidupan Kita

 

Apakah kamu merasa stress? Over-whelmed? Capek?
Jika jawabanmu tidak, selamat! Kamu adalah bagian dari kehidupan yang hebat.
Jika jawabanmu iya, bagaimanapun ada kabar baik untukmu.

Seringkali kita tidak menyadari dampak dari apa-apa yang kita lakukan terhadap kehidupan kita. Apakah kita butuh mengambil proyek lain? Apakah kita harus lembur? Apakah kita mau memelihara kucing? Tiba-tiba, tahu-tahu kehidupan kita lepas kontrol.

Bagaimana cara supaya kita bisa kembali ke dalam kehidupan normal kita? Kehidupan yang menyenangkan dan memuaskan?

Mungkin kini saatnya kita detox, membersihkan dan merapikan hal-hal berantakan yang ada di sekitar kehidupan kita. Detox adalah cara sehat yang bisa dilakukan semua orang.

Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa juga lho membeli dan membaca buku yang kutulis berjudul “How To Reset Your Life” terbitan Grasindo. Tersedia di toko buku Gramedia dan lainnya, atau langsung ke toko-toko buku online, termasuk Gramedia dot com.

 

Apa aja sih yang bisa kita bersihkan dan rapikan?

1. Detox Rumah Kita

Rumah adalah refleksi dari diri kita. Dari pakaian, furniture, rak buku bicara banyak tentang diri kita. Melalui hidup, kita mengumpulkan banyak hal yang kita butuhkan dan terkadang akhirnya menjadi hal-hal yang tidak kita gunakan lagi.

Apa yang bisa kita lakukan?
Pikirkan dan pilah mana-mana barang yang  bisa kita sumbangkan.  Kemas dalam kardus lalu bawa ke PMI atau lembaga lainnya atau orang-orang yang membutuhkan.

Buang barang-barang yang sudah menjadi sampah dan tidak bisa didaur ulang.

 

2. Detox Tubuh Kita

Jika kita merasa lelah, kurang aktif, perhatikan tanda-tandanya bahwa tubuh kita membutuhkan bantuan.

Mungkin kita kelebihan berat badan, mungkin kolesterol tinggi, kurang aktifitas fisik dan olah raga?

Apa yang bisa kita lakukan?
Pertimbangkan untuk diet seimbang, atau detox herbal untuk membersihkan tubuh dari racun-racun yang berbahaya.  Idealnya adalah sarapan, makan siang dan makan malam teratur. Tidur sedikitnya selama enam jam dalam sehari.  Semua ini akan meningkatkan sistem imunitas kita secara alamiah.

 

3.  Detox Pikiran Kita

Ketika kita membersihkan  pikiran kita dari hal-hal negatif, kita akan merasa lebih baik.
Pikiran-pikiran apakah yang membebani otak kita? Apakah kita membiarkan seseorang atau sesuatu membuat kita khawatir terus menerus?

Saat kita stress dan gelisah tanpa sebab, pikiran kita tak akan mengalir jernih.

Apa yang kita bisa lakukan?
Buat daftar hal-hal apa saja yang membuat pikiran tidak sehat. Upayakan untuk membingkai ulang hal-hal tersebut dalam kerangka positif. Sebelum tidur, pikirkan hal positif yang terjadi sepanjang hari itu. Dan kurangilah aktifitas sosmed supaya lebih sehat.

 

4. Detox Kehidupan Sosial Kita

Membersihkan dan merapikan akan membuat kita melepaskan hal-hal buruk, dan menyediakan tempat hal-hal yang baik untuk menggantikannya.

Terkadang dalam kehidupan sosial kita, ada orang-orang yang negatif, selalu tidak bahagia, selalu komplain atas banyak hal.

Memiliki circle yang bagus dalam kehidupan kita sangat baik dan penting. Embrace quality over quantity.

Apa yang bisa kita lakukan?
Refleksi dan perhatikan, siapa saja yang secara kosntan membuatmu merasa depresi atau stress.

Investasikan waktu untuk orang-orang yang berharga bagi perhatian kita yang bernilai.

Coba tebak, ternyata ada orang-orang yang kita bisa lebih cintai dan pedulikan, dan orang-orang  yang lebih mencintai dan memperhatikan kita.


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di DIANNAFI. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di blog C2live, segera hubungi putra@c2live.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *