Tahu Pentingnya Newsletter? Yuk, Pelajari Cara Memasangnya!

memasang newsletterSebagai seorang penulis blog, pasti tahu pentingnya traffic dan pembaca setia dari blog kamu. Sayangnya, sebuah survey mengatakan kalau setidaknya 75 persen visitor dari sebuah situs blog tidak pernah kembali mengunjungi situs blog tersebut. Bila Google Analytics situs/blogmu menunjukkan angka returning rendah. Mungkin saatnya kamu mencoba memasang newsletter.

Newsletter merupakan marketing dimana para audience dapat mendapatkan notifikasi tentang update terbaru dari situs blog kamu. Newsletter hanya akan terkirim dalam bentuk email ke audience yang sudah melakukan subscribe.

Yuk, pelajari bagaimana cara memasang newsletter pada situs blog kamu! Oh ya, tutorial memasang newsletter ini untuk pengguna WordPress. Walau, dalam platform content management lainnya tidak jauh berbeda.

Baca juga: Tools You Need: Biar Pengunjung Blog Meningkat, Yuk Pakai Newsletter!

Tutorial Memasang Newsletter Di WordPress

1. Pilih email marketing service yang sesuai dulu

memasang newsletter

Sumber: Real Estate Connected

Langkah pertama untuk memasang newsletter adalah memilih layanan marketing surel. Memang terdapat banyak pilihan yang bisa digunakan untuk mengirimkan email newsletter. Namun, untuk kemudahan mengkustomisasi desain dan tampilan newsletter, kamu memerlukan sebuah jasa yang mendukung.

Bagi para pemula, umumnya email marketing service yang sering digunakan adalah MailChimp.

Mengapa menggunakan MailChimp? Sederhana saja, karena jasa ini bersifat gratis jika kamu mengirimkan kurang dari 12.000 email atau mempunyai subscriber di bawah 2.000 orang. Cocok bukan bagi para penulis awal? Selain itu, MailChimp juga sangat mudah digunakan bagi para pemula.

Untuk kamu yang menggunakan WordPress.org, maka kamu bisa langsung mencari plugin MailChimp melalui dashboard WordPress pada situs blog seperti langkah berikutnya.

2. Meng-install plugin MailChimp for WordPress

memasang newsletter

Untuk menggunakan MailChimp yang terintegrasi dengan WordPress, sekarang kamu bisa langsung mencari plugin MailChimp for WordPress pada halaman Dashboard WordPress blog kamu.

Pada bagian kiri Dashboard, kamu bisa melihat pilihan Plugin, kemudian klik tombol Add New. Di search bar pada halaman Add Plugins ketik “MailChimp”.

Setelah itu, klik Install New pada plugin MailChimp for WordPress yang dikembangkan oleh developer ibericode.

Perlu diingat bahwa plugin ini hanya bisa di-install apabila kamu menggunakan WordPress.org, bukan WordPress.com!

3. Aktivasi plugin

memasang newsletter

Setelah meng-install plugin tersebut, kamu bisa langsung meng-klik activate plugin pada halaman yang ditampilkan, seperti contoh di atas.

memasang newsletter

Setelah mengaktifkan plugin, kamu bisa membuka halaman Installed Plugins pada bagian kiri layar.

memasang newsletterSetelah meng-klik tombol aktivasi, kamu akan diminta untuk mengisikan kode API untuk meng-connect plugin ke WordPress.

memasang newsletter Klik tombok “get your API key here” seperti yang dicontohkan pada gambar di atas. Setelah meng-klik, maka WordPress akan secara otomatis mengalihkan kamu ke halaman akun pada situs MailChimp.

4. Registrasi MailChimp

memasang newsletter

Buka situs MailChimp, kemudian langsung saja lakukan “Sign Up Free” pada halaman utama.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk melengkapi email, username, serta password. Untuk password, pastikan kamu memasukkan angka dan juga special character. Setelah itu, masuk ke akun email kamu dan lakukan verifikasi untuk mengaktifkan MailChimp.

MailChimp akan meminta kelengkapan informasi berupa nama lengkap, nama business, jenis business (nonprofit, organization, book club, dan sebagainya), nama situs kamu, serta kelengkapan informasi seperti alamat.

memasang newsletter

Klik profil kamu, kemudian pilih Account pada menu hover yang muncul di layar. Kamu pun melihat halaman seperti di bawah ini:

memasang newsletter

Pilih menu Extras, kemudian pilih API Keys untuk mendapatkan kode yang diminta oleh WordPress. Setelah itu, klik tombol create a key untuk men-generate kode API baru. Setelah menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya, kode API pun akan muncul untuk kemudian kamu copy ke WordPress.

memasang newsletter

Paste kode API yang sudah kamu dapatkan dari situs MailChimp ke WordPress seperti pada gambar di atas ini. Setelah itu, klik tombol save changes.

5. Buat list pada MailChimp

Image: http://imgur.com/a/cnOft

Kembali lagi pada situs MailChimp. Sekarang kamu akan membuat list untuk menampilkan form pada situs blog kamu. Pilih menu list pada bagian atas layar halaman MailChimp. Kemudian pilih create list untuk membuat list baru.

memasang newsletter

Masukkan nama list serta alamat email yang akan digunakan untuk mengirim newsletter. Kemudian masukkan juga nama sender yang akan ditampilkan pada layar inbox subscriber.

Umumnya, para subscriber akan lupa kalau sudah meng-subscribe sesuatu. Maka dari itu, jelaskan juga kenapa subscriber menerima email newsletter pada inbox-nya. Setelah semuanya selesai, klik save.

6. Konfigurasi pada WordPress

memasang newsletter

Setelah membuat list pada MailChimp, kamu bisa kembali ke WordPress kamu dan pilih MailChimp for WP pada bagian kiri layar. Kemudian pilih checkboxes.

Kamu akan melihat tampilan seperti gambar di atas. Kamu juga bisa melihat nama list yang sebelumnya telah kamu buat di MailChimp. Jangan lupa untuk mencentang kotak tersebut untuk mengaktifkan list. Kemudian, klik save dan lanjutkan konfigurasi ke tombol forms.

memasang newsletter

Setelah masuk ke forms, kamu bisa menambahkan field baru untuk ditampilkan ke audience. Tidak hanya berupa email saja, kamu juga bisa menambahkan field untuk mengisi nama serta nomor telepon.

Setelah itu, centang bagian wrap in paragraph untuk menampilkannya pada HTML format. Kemudian klik add to form.
Untuk menambahkan form secara manual, kamu bisa meng-copy kode HTML dari form mark-up ke post kamu.

memasang newsletter

Jika kamu scroll ke halaman bawah, kamu akan melihat tampilan dari form settings & messages. Nah, di sinilah kamu bisa mengatur kata-kata yang akan ditampilkan pada form situs blog.

7. Menambahkan form ke widget

memasang newsletter

Untuk menampilkan form secara konsisten dan otomatis, pilih Appearance pada layar sebelah kiri kemudian pilih Widgets.

memasang newsletter

Sumber: Fastcomet

Layar akan menampilkan beberapa pilihan widgets yang tersedia. Kamu bisa langsung memilih MailChimp Signup Form pada layar. Kemudian klik add widget.

Beri judul widget setelah mengklik add widget. Nah, sekarang audience bisa melihat tampilan widget yang berisi list untuk memasukkan informasi sesuai dengan field.


Itulah beberapa langkah sederhana memasang newsletter. Memang tampak sulit dan sedikit panjang. Namun, usaha dan waktu yang kamu investasikan akan berbuah manis berkat komunikasi yang lebih aktual dengan para pembaca setiamu! Seiring berkembangnya traffic, jangan lupa sesuaikan metode dan teknik membuat newsletter yang baru ya!

Untuk kamu yang ingin mencari tips blogging lainnya, jangan lupa kunjungi Blog C2live ya!

Baca juga: Ini Cara Sederhana Memasang Google Analytics dalam Blogmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *