Life As A Freelancer: Elemen Penting Ini Wajib Dimiliki Profil Freelance Kamu!

Mengutip hasil penelitian dari perusahaan penelitian independen yang bekerjasama dengan Upwork and Freelancers Union, 21st Renaissance menyebutkan bahwa terdapat peningkatan 8% dalam jumlah freelancers yang menemukan pekerjaan online, dari angka 42%. Mengapa tidak? Dunia online memperbolehkan freelancers untuk menunjukkan elemen penting profil untuk menarik klien secara lengkap dan real-time.

Menurut data dari Sribulancer, freelancers dapat meningkatkan kemungkinan menemukan pekerjaan sebanyak 60% dengan menampilkan profil yang jelas dan lengkap di dunia online.

Namun, isi profil seperti apa yang tergolong jelas, lengkap, dan menarik bagi para calon klien? Berikut ini adalah hal-hal penting dalam profil untuk menarik klien yang perlu kamu cantumkan!

1. Informasi pribadi yang lengkap dan menarik

elemen penting profil untuk menarik klien

Sebagai freelancer, isi profil seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, alamat email, dan lokasi sangatlah penting untuk mempertemukanmu dengan calon klien. Pasalnya, sejumlah klien lebih senang mempekerjakan freelancer yang lokasinya dekat dengan usaha dan bisa langsung dihubungi. Hal ini penting untuk kelancaran komunikasi kedepannya.

Selain itu, ceritakan juga sedikit juga tentang siapa dirimu. Biasanya, ini dilakukan dengan memberi julukan kreatif bagi diri sendiri, seperti: “techno-thusiast, pallette geek, atau semacam “word-crafter, art-maker”. Jangan lupa cantumkan info sosial mediamu, agar calon klien bisa mengenalimu secara personal.

2. Foto profesional dan unik

elemen penting profil untuk menarik klien

Hasil eksperimen Janine Willis dan Alexander Todorov menunjukkan bahwa manusia hanya butuh 1/10 detik untuk membentuk first impression terhadap orang asing yang baru ditemui. Oleh karena itu, foto profesional merupakan elemen penting profil untuk menarik klien yang tidak kalah penting.

Rapi dan sopan tidak harus selalu memakai business attire. Kamu tetap bisa tampak profesional dengan gaya foto yang santai dan kasual, seperti memakai kaos, luaran flannel, dan jeans donker dengan background dinding batu bata.

Yang penting adalah kamu berpakaian sesuai industri yang kamu geluti. Penulis yang bergelut dalam industri kreatif tidak cocok memakai dress atau pantofel yang kaku. Untuk menambah kesan percaya diri dan approachable, senyumlah pada fotomu. Ingat, usaha kecil di foto bisa membawa keuntungan yang besar!

3. Pengalaman yang harus profesional

Ceritakan pencapaian dan pengalaman yang berhubungan dengan bidang freelance yang ditekuni. Untuk penulis lepas, pencapaian bisa berupa lomba yang pernah dimenangkan, jumlah artikel viral, dan benefit yang kamu datangkan untuk klien melalui tulisanmu.

Pengalaman bisa berupa berapa lama kamu bertualang di industrimu. Siapa saja klien yang pernah bekerja sama denganmu. Nah, elemen penting profil untuk menarik klien di sini terletak pada penjelasan proyekmu bersama klien sebelumnya.

Daripada menulis “10 artikel untuk klien A” atau “70 konten perbulan untuk klien B”, mending kamu ceritakan apa goal utama klien tersebut, apa permintaannya, bagaimana kamu membangun strategi untuk membangunnya mencapai tujuan tersebut, berapa lama kamu melakukan eksekusi, serta hasil akhirnya bagaimana.
Lebih profesional, bukan?

4. Skill

elemen penting profil untuk menarik klien

Menampilkan bidang apa yang membuat kamu jago bisa menjadi elemen penting profil untuk menarik klien. Mencantumkan skills yang banyak mungkin tampak menggiurkan. Namun, usahakan untuk tetap relevan, compact, dan tidak menyombongkan diri. Kita tidak ingin membingungkan klien.

Agar lebih relevan dan dapat diukur, cantumkan berapa lama kamu telah menguasai/mempelajari skills tersebut. Namun, berbicara skills saja sulit untuk langsung memenangkan klien. Hal ini bisa didukung melalui sertifikasi dan portofolio:

5. Portfolio yang praktis

elemen penting profil untuk menarik klien

Portfolio berguna untuk mendukung skills dan pengalaman yang kamu sebutkan di atas. Dari portfolio, klien bisa menilai apakah kamu adalah freelancer yang dicari, karena mereka berkesempatan langsung meninjau hasil karyamu.

Kunci di sini adalah menunjukkan hasil karya-karya terbaikmu dalam tampilan yang baik. Di sini, menggunakan link saja atau screenshoot tidak bisa merepresentasikan karya-karyamu dengan akurat.

Alternatifnya, kamu bisa melampirkan berbagai hasil pekerjaan di satu tempat dengan C2live. Dari informasi pribadi hingga semua karya yang pernah kamu buat, bisa dengan mudah kamu showcase hanya dengan memasukkan link!


Setelah mengetahui berbagai hal yang harus dicantumkan untuk menarik klien, yuk lengkapi profil Anda sekarang juga! Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan update pada profil Anda, terutama bagian skill, kualifikasi, dan portfolio untuk meningkatkan nilai dan daya tarik profil Anda.

Sumber Gambar: Pixabay.com, flickr.com, Publicdomainpictures.net, freegreatpicture.com

1 thought on “Life As A Freelancer: Elemen Penting Ini Wajib Dimiliki Profil Freelance Kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *