Manfaat Ilustrasi Visual dalam Blogging

Kalau sampai saat ini kamu merasa tulisan di blogmu menarik tetapi tidak banyak orang yang membacanya, mungkin salah satu masalahnya adalah kurangnya ilustrasi yang kamu cantumkan. Artikel blog yang hanya berisi kata-kata nggak cuma membosankan untuk dibaca, tetapi juga membuatnya sulit untuk dipahami. Jadi, kalau kamu ingin memastikan tulisanmu menarik dan tidak membuat pembaca menutup halaman blogmu di paragraf kedua, memanfaatkan ilustrasi visual dalam blogging bisa menjadi kunci improvisasi artikelmu.

Apa, sih, Manfaat Ilustrasi Visual untuk Blog?

Faktanya, 90% informasi yang dikirimkan ke otak kita berbentuk visual. Jadi, kita lebih mudah terhubung dan menangkap pesan visual. Selain itu, 65% orang di dunia merupakan visual learner atau seseorang yang lebih tertarik belajar dari konten visual. Penelitian lainnya membuktikan bahwa presentasi dengan ilustrasi visual terbukti 43% lebih persuasif. Jadi, sudah jelas, bukan? Teks memang masih menjadi bagian penting dari sebuah blog atau website, tetapi untuk kamu yang ingin memenangkan hati pembaca, ilustrasi visual memainkan peran penting dalam tulisanmu.

Beberapa Tipe Ilustrasi Visual untuk Blog Kamu

Setelah kamu tahu apa manfaat ilustrasi visual untuk blogmu, ini saatnya memilih tipe ilustrasi visual yang dapat kamu gunakan. Secara umum, paling tidak ada 5 tipe ilustrasi yang dapat kamu gunakan untuk artikelmu. Kamu tidak perlu menggunakan semuanya, kok. Pilih tipe ilustrasi visual yang cocok untuk mendukung pesan atau informasi dalam artikel yang kamu buat. Siap membuat artikel yang jauh dari kata membosankan dan lebih menarik untuk dibaca? Berikut ini tipe ilustrasi visual yang dapat kamu pilih:

Ilustrasi Berdasarkan Data

manfaat ilustrasi visualSumber: Pixabay
 

Tipe ilustrasi yang satu ini biasanya dirancang dalam bentuk bagan atau grafik. Jika kamu menulis artikel yang berisi statistik, ilustrasi visual ini akan memudahkan pembaca untuk memahami informasi daripada kamu hanya mengandalkan teks saja. Buatlah bagan atau grafik sederhana yang mudah dibaca. Detil yang terlalu banyak justru akan menghilangkan fungsi utama ilustrasi, yaitu menyederhanakan informasi. Pembaca senang menemukan data atau informasi baru yang diteliti dengan baik dan pastinya terlihat menarik secara visual.

Quotes

manfaat ilustrasi visualSumber: SmartBlogger
 

Pernah membaca sebuah quote yang sampai sekarang kamu ingat? Nah, hal tersebut membuktikan quote memang mudah menarik perhatian. Sebagian besar orang di internet suka membaca kata-kata bijak atau quote dari tokoh terkenal yang biasanya relevan untuk semua orang. Buat ilustrasi visual yang mudah diingat dengan memadukan gambar ilustrasi seorang tokoh dengan kutipan kata-katanya yang mendukung isi artikelmu. Selain mudah diingat, ilustrasi berupa quotes juga meningkatkan peluang pembaca untuk membagikan artikelmu. Ilustrasi visual dalam bentuk quote ini dapat memperkuat isi artikel karena didukung oleh nama yang lebih dikenal oleh pembacamu.

Infografis

manfaat ilustrasi visualSumber: Pixabay
 

Ini adalah ilustrasi visual yang sangat populer belakangan ini. Coba lihat berbagai website, portal berita, hingga postingan singkat di Instagram atau Facebook. Kamu dapat menemukan infografis di mana-mana. Kenapa orang-orang senang membaca infografis? Selain menarik untuk dilihat, infografis memiliki keunggulan dalam penyajian data yang relevan dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk membacanya. Dengan ilustrasi visual jenis ini, sebenarnya kamu tidak perlu menulis artikel panjang. Cukup tulis paragraf sederhana berisi inti informasinya, berikan grafis pendukung, dan voila! Artikelmu sudah jadi!

Meme

manfaat ilustrasi visualSumber: Digital Trends
 

Ingin menambahkan konten yang ringan dan segar pada artikelmu, meme akan memberikanmu jalan yang mulus. Bahkan ketika isi artikelmu adalah sesuatu yang dianggap orang-orang membosankan, meme akan mengubah artikelmu jadi menyenangkan. Tidak percaya? Memes adalah salah satu ilustrasi visual yang bukan hanya mudah dibuat, tetapi juga mudah dipahami berbagai kalangan. Nah, jika pembaca senang dengan apa yang ia baca, tentu ia akan membagikannya. Ilustrasi visual berupa meme sebagai featured image pun bisa dijadikan ide bagus untuk menarik pembaca lainnya. Kamu juga dapat mengunggah meme tersebut di media sosial untuk mempromosikan blogmu.

Foto

manfaat ilustrasi visualSumber: Pixabay
 

Foto adalah salah satu jenis ilustrasi visual yang sudah lama digunakan dalam sebuah artikel, bahkan mungkin menjadi yang paling lama. Berikan gambaran pada para pembaca tentang apa yang kamu bicarakan, untuk memberikan gambaran tersebut, gunakan foto berkualitas untuk artikel blogmu. Kamu juga nggak suka, kan, melihat gambar ilustrasi yang pecah? Terkadang, orang menilai kualitas tulisan berdasarkan gambar ilustrasinya juga. Kamu dapat menggunakan gambar yang diambil sendiri atau foto-foto bebas pakai yang dapat kamu temukan di berbagai situs stok foto gratis. Pastikan foto yang kamu pilih sesuai dengan isi artikelmu dan memiliki ukuran yang sudah dioptimalkan untuk web, tidak kekecilan atau malah terlalu besar agar tidak memberatkan laman saat dimuat.


Itulah beberapa tipe ilustrasi visual yang dapat kamu gunakan untuk blogmu. Sebenarnya kamu juga dapat menambahkan ilustrasi visual berupa GIF atau video, tetapi banyak masalah yang mungkin muncul saat memuat halaman blogmu. Itu karena file GIF dan video cenderung lebih berat dibanding jenis ilustrasi visual lainnya. Jadi, ilustrasi visual apa yang kamu ingin manfaatkan untuk blogmu? Nah, untuk tips-tips blogging lainnya kamu dapat membaca artikel-artikel lainnya di Blog C2live. Selamat menulis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *