Banyak Diincar, Mengapa Posisi Penulis Freelance Begitu Menarik Minat Orang-Orang?

Di era teknologi seperti sekarang, semuanya bisa dibuat menjadi lebih fleksibel. Mulai dari pilihan transportasi sampai sekadar memesan makanan, semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi berbasis teknologi. Nah, dalam dunia pekerjaan, hal serupa juga sudah bisa sering kita temukan, lho! Sesuai dengan fungsi dan tujuannya, teknologi jadi memudahkan kita untuk lebih fleksibel dalam bekerja pula. Nggak heran, akhirnya banyak orang yang ingin dan sudah menjadi penulis freelance.

Tapi kamu sudah tahu belum, kenapa penulis freelance dicari oleh banyak perusahaan? Jika belum, yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini!

1. Banyaknya Fleksibilitas yang Ditawarkan

Penulis freelanceSumber: Climate KIC
 

Nggak bisa dipungkiri, dengan keuntungan dan fleksibilitas yang ditawarkan, banyak orang jadi berminat dan memilih menjadi penulis freelance. Mulai dari bisa bekerja di mana saja dan kapan saja, hingga tidak perlu memakai pakaian formal, saking menggiurkannya fleksibilitas yang ditawarkan, penulis lepas kini nggak hanya dijadikan pekerjaan sampingan seperti yang dulu-dulu dilakukan. Sekarang, banyak juga, lho yang menjadikan pekerjaan freelance writer sebagai full-time job.

Makanya, lingkup dunia penulis lepas masa kini pun jadi sangat kompetitif. Dengan begitu, persaingan untuk mendapatkan suatu proyek juga menjadi lebih ketat karena banyak sekali orang yang berminat menjadi penulis freelance di luar sana.

2. Penulis Freelance Dianggap lebih Berpengalaman oleh Perusahaan

Penulis freelanceSumber: rawpixel.com
 

Meski baru mengalami pertumbuhan pesat dalam 10 tahun terakhir, penulis freelance dengan pengalaman dan skillyang mumpuni sebenarnya sudah ada dari dulu. Maka dari itu, jangan heran kalau kamu menemui orang yang sudah bekerja jadi penulis lepas selama bertahun-tahun, bahkan belasan tahun!

Itu sebabnya, banyak banget perusahaan yang mencari penulis-penulis ulung yang jam kerjanya fleksibel seperti ini. Selain itu, dengan jam terbang yang sudah banyak, perusahaan nggak perlu repot-repot memberikan training untuk pekerja lepas mereka. Karena biasanya, mereka sudah ahli di bidangnya.

3. Keahlian yang Ditawarkan lebih Beragam

Penulis freelanceSumber: Giulia Bertelli
 

Dengan banyaknya penulis freelance yang ada, otomatis keahlian yang ditawarkan berbeda-beda pula. Tergantung dari strategi content marketing yang dipilih, perusahaan mungkin membutuhkan penulis dengan keahlian beragam. Misalnya menulis untuk artikel wawancara, copywriting, storytelling, atau membuat artikel listicle.

Penulis freelance bisa memberikan kemudahan bagi perusahaan karena banyak sampel yang bisa dipilih. Misalnya, untuk artikel wawancara, kemungkinan untuk memilih penulis yang bagus nggak terbatas pada satu atau dua pilihan saja. Perusahaan pun bisa dengan mudah mempekerjakan siapa saja pekerja lepas yang cocok untuk proyek-proyek mereka.

4. Penulis Freelance juga Punya Komitmen!

Penulis freelanceSumber: rawpixel.com
 

Seiring makin berkembangnya tren pekerja lepas, sudah banyak pula fakta yang menunjukkan bahwa freelancers membawa dampak positif bagi pihak employers maupun employees dengan segala fleksibilitas yang dimiliki. Tapi jangan salah, bukan berarti penulis freelance nggak punya komitmen terhadap pekerjaan layaknya pekerja full-time, lho!

Justru, kebebasan itu malah membuat pekerja lepas makin semangat dan berkomitmen soal proyek-proyek yang ia kerjakan. Apalagi, mereka bebas memilih proyek yang mereka suka. Dengan begitu, penulis freelance bisa memilih proyek tulisan yang cocok dengan gaya bekerja mereka dan sepenuh hati.

Karenanya, freelance writer, sama seperti freelancers di bidang pekerjaan lainnya seringkali dianggap bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan dan men-scale up bisnis perekrutnya, sebelum mereka benar-benar siap mempekerjakan pekerja full-time.

5. Penulis Lepas Dianggap lebih Efektif dalam Bekerja

Penulis freelanceSumber: Burst
 

Selain memiliki skill beragam dan komitmen yang nggak kalah dengan full-time writer, penulis freelance dianggap lebih efektif dalam bekerja untuk menulis bagi proyek-proyek tertentu. Misalnya, dalam suatu proyek yang sangat on-demand, terkadang lebih baik mencari beberapa penulis freelance yang memang sudah ahli menulis di bidang terkait dan nggak terikat dengan jam kerja, dibanding mencari kandidat pekerja full-time baru.

Kerja sama yang dibangun pun juga lebih fleksibel. Sebab, kemitraan bisa dilanjutkan jika memang perusahaan sudah cocok dengan melihat performa freelancer dari proyek yang dipercayakan. Namun jika tidak, perusahaan juga nggak perlu merasa rugi karena harus membayar pesangon ataupun merasa sudah salah merekrut full-timer.


Sekarang kamu tahu kan, kenapa pekerjaan penulis freelance banyak dicari? Jadi, jangan ragu untuk mencoba jadi penulis lepas, ya. Di sisi lain, menjadi penulis lepas bisa memberikan kamu pengalaman-pengalaman baru, sekaligus mengasah kemampuan menulismu! Nah, bagi kamu yang ingin coba-coba jadi penulis lepas, kamu bisa kunjungi blog C2live untuk membaca berbagai tips menulis yang bisa membuat writing skill-mu meningkat, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *