5 Tips Untuk Kamu, Penulis Freelance yang Mencari Lowongan Kerja!

lowongan kerja untuk penulis lepasLowongan kerja untuk penulis lepas sering nggak pasti datangnya. Kadang banyak banget sampai keteteran, nggak jarang juga kerjaan kosong melompong. Tulisan sedikit, berarti penghasilan juga sedikit. Makin galau deh!

Ironisnya, walau jasa penulis lepas itu senantiasa dibutuhkan, nggak jarang  freelancers mengeluh sepinya permintaan yang datang. Lantas, bila terjebak situasi seperti itu, bagaimana kamu harus bertindak? Ke mana mencari lowongan?

 

1. Temukan lewat media sosial


Di zaman yang serba canggih ini, media sosial nggak hanya bisa jadi tempat untuk bersosialisasi sama teman-teman. Namun, juga bisa jadi wadah pencarian lowongan kerja freelance.

Nggak sulit, tinggal follow akun-akun yang memuat informasi lowongan kerja (LoKer) atau ketikkan kata kunci soal job di bagian search, seperti “lowongan freelance”. Setelah itu, pastikan deskripsi kerja yang dimuat di media sosial itu relevan dengan kamu! Cek kebenarannya, baru hubungi personel yang bisa dikontak.

Bila kamu punya sedikit modal, kamu bisa membuat iklan di berbagai media sosial. Postingan portofoliomu bisa kamu tujukan pada orang yang tertarik dan sedang mencari penulis lepas. Pastikan kamu benar-benar memahami periklanan media sosial sebelum melakukan ini ya.

2. Cari dari situs penyedia jasa pencari kerja


Nggak harus selalu untuk pekerjaan tetap, nggak jarang juga kamu bisa menemukan lowongan lewat situs pencari kerja seperti Monster, Jobstreet, dan LinkedIn. Terkadang, channel-channel ini merupakan pilihan yang obvious banget!

Selain semua pekerjaan terpampang mendetil, kamu juga bisa melihat tren permintaan pekerjaan industrimu saat ini. Bila kamu menawar dengan klien kedepannya, kamu jadi semakin mengerti apa yang harus dijual, dan apa yang bisa kamu peroleh.

3. Cari situs khusus freelance

Lowongan kerja untuk penulis lepas di media sosial terkadang tidak menawarkan fee di awal atau kelengkapan deskripsi dari sebuah pekerjaan. Untuk menghindari kejengkelan dan kecurigaan, kamu bisa cari web khusus untuk freelancer yang lebih terpercaya. Biasanya, kamu bisa menemukan berbagai permintaan untuk menulis!

Situs seperti Upwork atau Sribulancer menyediakan keterangan lengkap mengenai fee, ketersediaan lowongan, hingga deskripsi tulisan. Kamu bisa membuat profil dan mengajukan penawaran atau bid kepada calon klien. Tinggal tunggu tanggapan deh!

4. Buat portofolio online

Jika sebelumnya tulisan kamu sudah pernah dipublikasikan di berbagai media, kamu perlu banget yang namanya portofolio. Hal ini bertujuan agar calon klien kamu bisa ‘menilai’ gaya menulis dan mempertimbangkan kamu untuk jadi freelance writer mereka.

Kalau kamu bingung bagaimana caranya bikin portofolio online, kamu bisa coba buka C2live dan masukkan semua link yang memuat tulisanmu jadi satu. Di samping itu, kamu juga berkesempatan bekerjasama dengan klien yang bekerjasama dengan perusahaan C2live!

5. Malu bertanya, sekarat kondisi keuangan!

Salah satu cara yang paling mendasar adalah bertanya. Jangan gengsi! Ketika tidak ada pekerjaan yang datang, kamu bisa mengirimkan e-mail ke perusahaan yang sedang melakukan pencarian, atau yang bisa kamu bantu dari segi konen!

Belum banyak penulis lepas yang melakukan hal ini. Nggak jarang juga perusahaan/calon klien bisa terkesima, bila penulis lepas sendiri berani memperkenalkan dirinya dan mengajukan permintaan untuk membantu! Siapa tahu, inilah cara kamu menemukan lowongan kerja selanjutnya!


Dengan 5 tips mencari lowongan kerja untuk penulis lepas di atas, kamu tidak akan kesulitan lagi menemukan kesempatan kerja. Kuncinya adalah selalu gigih mencari! Jangan pernah putus asa. Selalu ada kok pekerjaan untuk penulis lepas di luar sana!

Selain tips soal lowongan, kamu juga bisa menemukan berbagai tips lainnya di Blog C2Live. Ayo asah kemampuan kamu dan perbanyak pengetahuan soal menulis, blog, menulis, SEO, dan banyak hal lagi seputar freelancer!

1 thought on “5 Tips Untuk Kamu, Penulis Freelance yang Mencari Lowongan Kerja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *