Tips Terlengkap Membuat Konten Blog Yang Meramaikan Trafik Situsmu!

membuat konten blog

via Digital Nomad Wannabe

Bagaimana cara membuat konten blog yang menarik banyak pengunjung? Apakah harus bombastis supaya viral? Apakah semua konten yang diberi judul mengejutkan pasti viral dan semua konten yang berjudul biasa-biasa aja nggak bakal dilirik calon pengunjung?

Sebelum larut dalam kegelisahan mengenai kriteria dan cara menentukan konten blog yang menarik, simak dulu tips-tips di bawah ini! Semua yang kamu butuhkan untuk membuat konten blog yang menarik dan bisa menarik trafik ada di sini!

Tips membuat konten blog yang ramai trafik

1. Selalu up to date

membuat konten blog

Sumber Gambar: noobpreneur.com

Nggak bisa dipungkiri lagi, pasti setiap buka internet pinginnya lihat info terkini, bukan yang kemarin apalagi tahun lalu. Meskipun untuk tujuan khusus, misalnya penelitian, bisa aja sih kamu cari info dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi, apa yang diinginkan pembaca adalah hal baru yang belum pernah dibahas sebelumnya atau kelanjutan dari bahasan yang udah pernah ada.

Manfaatkan media sosial dan media massa untuk melihat perkembangan tren terkini. Perhatikan apa yang sedang hits saat ini dan bahas dalam kontenmu. Jangan lupa perbarui tulisan yang udah nggak berlaku! Misalnya, salah satu restauran terenak di Bandung yang pernah kamu rekomendasikan tiba-tiba tutup. Nah, bisa kamu bahas, deh di unggahan terbaru!

2. Disusun berdasarkan sumber yang terpercaya

membuat konten blog

Sumber Gambar: Poma International Business University

Seperti yang udah disinggung sebelumnya, kamu bisa manfaatkan media massa dan media sosial untuk melihat tren yang lagi populer. Selain media, kamu juga bisa manfaatkan jurnal atau pun survei yang kredibel untuk bahan konten blogmu. Jangan lupa, kalau kamu mengutip mereka, kutiplah dengan benar!

Sertakan sumber mulai dari nama penulis, judul jurnal atau berita, tahun terbit, bahkan hingga ke angka halamannya. Untuk konten digital, terkadang sesederhana memberikan back link kepada sumber yang kamu kutip. Ingat, plagiarisme itu sangat haram bagi penulis. Jadi jangan asal copy paste dari tulisan orang! Ini juga salah satu bukti bahwa tulisanmu bukan tulisan hoax, lho.

3. Isi yang menggugah perasaan, jujur, sekaligus natural

membuat konten blog

Sumber Gambar: Watchfit

Menurut IPA (*Institute of Practitioner in Advertising), salah satu peneliti dalam bidang periklanan, calon pengunjung lebih mudah digoda dengan judul-judul yang menggugah emosi alias bikin baper. Hasil dari penelitiannya, 31% artikel berjudul emosional lebih menarik daripada yang biasa-biasa aja. Apalagi yang menimbulkan perasaan kagum, kaget, sedih, dan cemas! Sebagai contoh, baca artikel ini.

Tapi, jangan hanya karena ingin mendapat banyak pengunjung, kamu sekadar “mempermainkan” perasaan calon pengunjung hingga menciptakan konten yang mengada-ada. Pembaca lebih suka dengan konten yang jujur dan secara natural menggugah perasaan mereka, bukan yang berlebih-lebihan apalagi bohong!

4. Suguhkan gambar, video, dan hal menarik lainnya

Untuk membuat konten blog yang memiliki trafik tinggi,Kenali kecenderungan membaca para calon pengunjung! Apalagi kalau kamu membahas topik yang berkaitan dengan hal-hal praktis atau pun yang berkaitan dengan seni dan kecantikan. Jangan hanya membuat tulisan panjang yang bikin mata capek, sertakan juga gambar dan video yang mendukung tulisanmu. Ingat, jangan menyinggung isu SARA atau pun pornografi, ya. Selain membuat pengunjung nggak nyaman, bisa-bisa kamu dihukum sama penyedia platform!

5. Tautkan topik-topik yang berkaitan

menulis konten blog

via Pexels

Salah satu trik SEO yang patut kamu coba nih. Soalnya, cukup efektif menarik pengunjung dan angka trafik yang tinggi. Kamu bisa menyertakan link referensi dari satu artikel ke artikel lainnya yang berkaitan dalam blogmu.

Misalnya kamu sedang membahas rekomendasi makanan lebaran yang hits tahun ini, kamu juga bisa mengaitkannya dengan artikelmu yang lain yang membahas alat-alat memasak. Semakin lengkap, pembaca akan semakin senang karena informasi yang didapat juga semakin banyak.

Baca juga:10 Rekomendasi Topik Blog Biar Cerita Blogmu Semakin Berwarna!

*6. Menata blog seperti menata diri

membuat konten blog

via Watchfit

Selain isi konten, kamu juga perlu memperhatikan penataan blogmu! Penataan ini penting banget supaya kontenmu makin menonjol dan nyaman untuk dibaca. Gunakan teknik heading dan pendaftaran supaya pembaca bisa membaca dengan metode skimming dan scanning.

Usahakan gambar, gif, dan video yang disertakan memiliki ukuran yang sama sehingga terlihat lebih rapi. Gunakan jenis huruf yang standar dan warna yang netral nggak mencolok mata. Lebih baik menggunakan perataan kanan-kiri untuk setiap paragraf supaya nggak ada yang “menggantung”.

Untuk layout, usahakan pilih yang susunannya sederhana dan tambahkan menu-menu bantuan supaya pembaca betah berlama-lama di blogmu. Tampilkan kesan profesional yang jauh dari kata alay.

7. Bangun kedekatan dengan pembaca

membuatk konten blog

via Review Tracker

Konten yang menarik adalah yang berkaitan dengan pembaca. Jadi, kamu juga harus memperhatikan minat pembaca. Buatlah tulisan interatkif yang seakan-akan kamu dan pembaca sedang bertatap muka. Ajak mereka untuk terlibat dalam pembuatan konten, misalnya dengan memanfaatkan kolom komentar untuk mendengar pendapat para pembaca. Jangan abaikan komentar yang singgah di blogmu.

8. Topik boleh sama, pendapat boleh berbeda!

membuat konten blog

via Pexels

Konten blog yang menarik adalah konten yang unik. One in a billion! Ciptakan sudut pandang baru dari topik terhangat yang lagi ramai diperbincangkan. Jangan terpengaruh oleh pendapat-pendapat orang lain, bahkan tokoh masyarakat yang nggak sejalan dengan kamu. Pendapat yang fresh dan mencerahkan justru sangat dicari oleh banyak orang. Jangan takut untuk mengekspresikan perbedaan!

9. Utamakan: Efektif Nyaman Aktual Konsisten (ENAK)

Syarat lain untuk membuat konten blog yang menarik trafik, kamu juga harus menguasi teknik menulis ENAK. Pertama, jangan bertele-tele alis gunakan kalimat yang efektif. Sesuaikan jumlah kata dengan kemampuan pembaca dan informasi, jangan terlalu panjang atau terlalu pendek. Kedua, buatlah pembaca nyaman karena nggak ada tulisan yang saltik atau salah ketik.

Kebayang, kan gimana gemesnya baca tulisan yang serba salah susunan huruf, bahkan tulisan 4L@iiy..? Ketiga, tulisanmu harus aktual seperti yang udah dibahas sebelumnya! Terakhir, jagalah konsistensimu. Overall, setiap paragraf, bahkan setiap kata harus nyambung satu dan lainnya!

10. Kreativitas tanpa batas

membuat konten blog

via Pexels

Eksplorasilah ide gagasanmu! Jangan hanya berkutat pada satu topik, meskipun dalam satu topik bisa dibahas banyak hal. Buat konten-konten baru dari topik yang baru. Selalu lakukan brainstorming, eksperimen, dan hasilkan inovasi. Jadilah trendsetter dengan gagasan kreatifmu yang super fresh!

Baca juga: Tools You Need: Biar Pengunjung Blog Meningkat, Yuk Pakai Newsletter!


Nah, kalau kesepuluh hal di atas udah kamu praktikan, tandanya kamu udah siap menerima banjiran pengunjung! Satu hal penting yang harus kamu perhatikan: tulislah apa yang ingin dan apa yang bisa kamu tulis. Ketahui keahlianmu sendiri! Semakin banyak tahu, semakin banyak yang bisa dibagikan. Selamat menulis! Yuk, kunjungi Blog C2live untuk tips menulis lainnya!

1 thought on “Tips Terlengkap Membuat Konten Blog Yang Meramaikan Trafik Situsmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *