Tools You Need: Bingung Dengan Google Analytics? 5 Tips Ini Bisa Membantu Blogger Pemula Memahaminya!

Sebagai blogger ataupun penulis lepas, tentu kamu sering mendengar tentang Google Analytics. Banyak blogger dan penulis yang sukses mengelola situs mereka berkat bantuan alat ini. Namun, mengenal Google Analytics untuk pemula bisa menjadi sebuah hal yang sangat membuat kewalahan. Padahal, Google Analytics sangat krusial terhadap perkembangan blog kamu.

Buat kamu yang tertarik namun bingung memulai, Blog C2live akan membagikan beberapa tips biar kamu semakin cepat familiar dengan *tools you need* yang satu ini! Yuk, lihat!

Mengenal Google Analytics untuk pemula

1. Pahami dulu tujuan Google Analytics

mengenal google analytics untuk pemula

Via – Negative Space

Apa sih sebenarnya tujuan Google Analytics itu? Sederhananya, Google Analytics bertujuan memberikan cerminan data aktivitas yang terjadi pada sebuah situs dalam konteks tertentu. Data ini kemudian bisa dianalisa dan dipelajari untuk mengenal lebih dalam karakteristik pengunjung sebuah situs.

Selain itu, kamu juga bisa membuat goal untuk dicapai dalam situsmu. Goal berfungsi melacak suatu parameter pilihanmu dalam situs. Misalnya ketika orang melakukan pembelian, mengunduh file, ataupun melakukan registrasi di situsmu.

2. Kenali fungsi dan relevansinya untuk blog kamu

mengenal google analytics untuk pemula

Via – Pixabay
 
Terus, apa hubungannya dengan blog kamu? Google Analytics memungkinkan kamu untuk mendapatkan laporan mendetail tentang semua aktivitas yang terjadi pada laman dan post-mu secara real-time. Jadi mengenal Google Analytics untuk pemula merupakan hal yang bijak dilakukan.

Buat yang belum pernah menggunakannya, mungkin kamu biasa bergantung pada widgets yang menunjukkan jumlah pengunjung dan pembagian di media sosial. Untuk popularitas, mungkin kamu bisa melihat komentar yang diberikan.

Akan tetapi, tidak ada cara untuk mengetahui dari mana asal pengunjung tersebut, halaman apa saja yang dikunjungi, berapa pengunjung baru, serta apa lagi yang mereka lakukan di dalam situsmu.

Dengan menggunakan Google Analytics, kamu bisa mengumpulkan data-data tersebut dan melakukan perubahan sesuai dengan data yang didapat.

Misalnya, bila kamu menemukan bahwa ternyata pengunjung blog kamu banyaknya berasal dari Singapura dan sering membaca pukul 7-9, kamu bisa mempertimbangkan untuk meluncurkan post pada malam hari dan dengan bahasa Inggris!

3. Apa saja sih yang bisa kamu lacak dengan Google Analytics?

mengenal google analytics untuk pemula

Via – C2live

Biasanya, dalam akun Google Analytics, bloggers memantau setidaknya beberapa metrik sederhana dalam kurun waktu tertentu. Pertama, users alias jumlah orang yang masuk ke dalam situsmu. Begitu juga dengan sessions atau berapa banyak orang yang datang dan pergi dalam situsmu. Pageviews merupakan berapa banyak pembaca yang diterima suatu laman.

Tidak kalah penting adalah Average Session Duration, karena metrik ini mengukur berapa lama orang menghabiskan waktu dalam satu sesi. Pengunjung (sessions + user) yang banyak itu bagus. Namun bila mereka tidak betah, maka jelas ada masalah dengan situsmu.

Di samping itu, kamu juga bisa melacak berapa orang yang membaca konten tertentu selama 15 detik, 30 detik, lebih dari 1 menit, pencarian yang dilakukan orang dalam situsmu, jalur navigasi mereka dari satu link ke yang lain, dari mana mereka mengunjungi situsmu (media sosial atau mesin pencarian), dan banyak lagi!

4. Manfaatkan bantuan dan ikon topi

mengenal google analytics untuk pemula

Via – C2live

Untuk yang baru mengenal Google Analytics, mungkin akan kebingungan dengan banyaknya navigasi dan terminologi yang dilimpahkan di hadapanmu. Untuk membantumu, kamu bisa coba memposisikan kursor di atas terminologi yang membingungkanmu. Biasanya akan muncul penjelasan singkat yang bisa memudahkan pemahaman kamu.

Tidak jarang juga kamu bisa terbantu dengan ikon topi wisuda yang berada di kanan atas pada laman-laman navigasi “overview”. Ikon ini akan memunculkan beberapa penjelasan dan tutorial video sederhana yang relevan. Ini sangat membantu dalam mengenal Google Analytics buat pemula.

5. Keep exploring dan testing

mengenal google analytics untuk pemula

Via – Negative Space

Tips mengenal Google Analytics untuk pemula yang terakhir adalah melakukan percobaan-percobaan sendiri. Kamu bisa bertualang dari satu fungsi Google Analytics ke fungsi lainnya dan mencari tahu apa efek dari masing-masing fungsi tampilan data.

Kamu juga senantiasa perlu memantau apa yang sedang terjadi dalam situsmu. Usahakan untuk membuka Google Analytics setiap hari dan memantau progres artikel. Semakin sering memantau, maka kamu akan semakin paham dan familiar dengan cara kerjanya.

Biar lebih mantap lagi, kamu bisa mencoba melakukan perubahan-perubahan pada tampilan, konten, maupun delivery dari konten situs, kemudian cari tahu apa yang berubah dan apa yang tidak dalam tampilan laporan Google Analytics.


Itulah beberapa tips mengenal Google Analytics untuk pemula! Fungsi artikel ini hanya sebatas membantu memudahkan kamu dalam mengenal Google Analytics. Tujuannya adalah mendorong langkah pertamamu untuk mulai menggunakan alat ini dan memahami bukan hanya blog, namun juga pengunjung blog kamu. Kuncinya jangan takut untuk bereksplorasi!

Nantikan tips-tips bermanfaat seputar Google Analytics dan tools blogging lainnya dari Blog C2live ya!

Sumber gambar: Pexel.com

3 thoughts on “Tools You Need: Bingung Dengan Google Analytics? 5 Tips Ini Bisa Membantu Blogger Pemula Memahaminya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *