Dari Berbagai Tipe Penulis Lepas Berikut Ini, Kamu Masuk yang Mana?

penulis lepasPenulis lepas, atau yang biasa dikenal juga sebagai freelance writer, merupakan pekerjaan penulis yang tidak terikat pada satu klien saja. Sesuai namanya, penulis lepas memiliki ikatan kerja yang lebih bebas dibandingkan dengan pekerja tetap. Sebagai penulis lepas, biasanya seseorang diberi upah oleh klien untuk menulis suatu bentuk tulisan yang sudah ditentukan.

Penulis lepas sebenarnya merupakan pekerjaan yang relatif bisa dilakukan oleh siapa saja. Menulis memang bukan pekerjaan yang semata-mata mudah dilakukan, namun tetap bisa dipelajari oleh hampir semua kalangan. Oleh karena itu, terdapat berbagai macam penulis lepas yang bisa ditemukan.

Berikut merupakan beberapa contoh tipe penulis lepas. Termasuk yang manakah kamu?

Tipe-tipe penulis lepas: termasuk yang manakah kamu?

1. Si kreatif yang tidak pernah kehabisan ide cemerlang

penulis lepas

Sumber: StartUp Stock Photo

Penulis yang satu ini seperti tidak pernah kehabisan ide cemerlang yang akan dituangkan ke dalam tulisannya. Gagasan-gagasan yang ia sampaikan secara umum selalu mengundang ketertarikan sendiri karena terkesan berbeda dari yang lain.

Sesulit apapun topik yang ia tulis, ia selalu menemukan sudut pandang yang out of the box dengan pengemasan tulisan yang tidak biasa dan membuat pembaca tidak bosan sehingga ingin terus membaca kelanjutan tulisannya.

2. Si pemalu yang selalu ragu akan kemampuannya

penulis lepas

Sumber: StartUp Stock Photo

Penulis yang satu ini selalu mengawali tahap penulisan dengan kecemasan dan kekhawatiran tiap kali ia mendapatkan permintaan menulis dari kliennya. Pasalnya, ia ragu dengan kapabilitas menulisnya sendiri. Bahkan, sebelum mencoba untuk mulai menulis pun, ia sudah memikirkan berbagai macam kemungkinan apabila tulisannya tidak bisa memenuhi ekspektasi klien.

Ketidakpercayaan diri terhadap keterampilan menulisnya sering membuat tipe penulis ini menunda proses penulisannya karena lebih sibuk meragukan kemampuannya sendiri. Tidak jarang ia menunggu-nunggu hingga keberaniannya untuk menulis terakumulasi, yang sebenarnya seringkali hanya membuatnya membuang waktu percuma. Padahal sebenarnya bisa saja tulisannya tidak seburuk yang ia bayangkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tools Menulis yang Perlu Setiap Penulis Ketahui

3. Si maju terus pantang mundur

penulis lepas

Sumber: Allena Tapia

Berlawanan dengan tipe penulis pemalu, tipe penulis yang satu ini akan selalu ‘menghajar’ pekerjaan apapun yang datang kepadanya. Tidak peduli apakah ia memiliki pemahaman yang cukup atau tidak mengenai topik yang akan dia tulis, ia akan selalu menerjang pekerjaan yang diberikan.

Semangatnya untuk menulis tidak perlu diragukan. Bisa dibilang, hampir semua pekerjaan menulis yang diberikan kepadanya akan dikerjakan tanpa gentar. Ia pun tidak ragu-ragu untuk mencari informasi tambahan ke berbagai sumber untuk memperkaya tulisannya. Karena karakteristiknya tersebut, tipe penulis ini biasanya juga merupakan salah satu orang yang sering diandalkan klien jika memiliki deadline dadakan.

4. Si tukang compare yang terus berkembang

penulis lepas

Sumber: Harish

Bukannya tidak percaya diri dengan hasil karya tulisannya, namun tipe penulis ini suka mengeksplorasi gaya penulisan dan informasi berbeda yang mungkin dimiliki oleh penulis lain. Karena kebiasaannya itulah, ia juga seringkali mendapat kesempatan untuk memperkaya pengetahuan dan mengasah keterampilan menulisnya.

Tidak heran, tipe penulis ini merupakan salah satu yang tingkat perkembangannya paling pesat karena terus mengkomparasikan hasil tulisannya dengan karya orang lain. Dengan demikian, ia pun dapat melihat di mana kelebihan dan kekurangannya. Namun demikian, ada juga penulis yang hobi membandingkan karyanya dengan tulisan orang lain karena didasarkan pada kecemasan bahwa tulisannya tidak cukup baik untuk dipublikasi.

5. Si tukang coba-coba yang kemudian jadi betah

penulis lepas

Sumber: Stockpic

Penulis satu ini biasanya adalah seseorang yang tadinya tidak ada rencana apapun untuk membangun karirnya menjadi seorang writer. Namun demikian, karena hobinya yang suka coba sana coba sini, akhirnya ia pun nekat coba-coba menjadi penulis lepas.

Tanpa bekal apapun untuk menjadi seorang penulis, tipe ini tetap mengandalkan jurus andalannya. Namun demikian, siapa sangka akhirnya ia malah jatuh cinta dengan pekerjaan coba-cobanya tersebut? Jangan salah ya, tidak banyak kok dari penulis tipe ini yang menjadi sukses di bidangnya.

Baca Juga: 7 Cara Ini Bisa Meningkatkan Kreativitas Menulis Kamu Lho!


Nah, itu dia beberapa contoh tipe penulis lepas yang sering ditemukan. Sudah tahu kan, kamu tipe penulis yang mana? Dengan memahami mana yang merupakan tipemu, semoga kamu dapat lebih mengenali gaya tulismu dan mengembangkan diri untuk menjadi penulis yang lebih baik lagi.

Bicara tentang penulis lepas, bila kamu adalah salah satunya, kamu bisa bergabung dengan C2live untuk membangun portfolio kamu lho! Tidak hanya itu, kalian yang juga blogger sampingan juga bisa mengikuti lomba-lomba di C2live!

Buat kamu yang masih pemalu dan belum PD dengan tulisanmu sendiri, bisa coba langganan dengan Blog C2live untuk berbagai tips menulis dan tips blogging bermanfaat! Stay tuned ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *