Menjadi Blogger Profesional bersama BloggerCrony

Sebagai pemacu semangat untuk terus blogging, terkadang kita perlu bergaul dengan komunitas blogger yang ada. Selain menjadi sarana interaksi dengan teman-teman blogger, bergabung dengan komunitas juga bisa menambah sumber referensi akan hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging.

Komunitas yang C2live ajak ngobrol pada kesempatan ini adalah BloggerCrony, sebuah komunitas blogger yang digawangi oleh Wardah Fajri, Anisa nisa, dan Satto Raji sejak 24 Februari 2015.

Blogger CronySumber: Instagram BloggerCrony
 

Awal pembentukan komunitas bermula dari kepedulian terhadap para blogger independen yang serius menggarap blog masing-masing. Wardah Fajri, atau yang akrab dipanggil Mbak Wawa, merasa ada hal-hal yang dapat dilakukan bareng-bareng dengan para blogger tersebut dalam satu komunitas. Hal-hal tersebut tentunya bertujuan untuk membantu dan mendukung blogger untuk mengelola personal blog-nya. Berdasarkan kepedulian tersebut, dibentuklah BloggerCrony yang mengajak para blogger untuk belajar dan tumbuh bareng menjadi blogger profesional.

Kegiatan yang dimiliki oleh BloggerCrony secara rutin dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu BloggerHangout, BloggerView, dan BloggerCare.

BloggerHangout

BloggerHangout merupakan kegiatan berupa pengembangan kemampuan bagi para blogger yang bisa teman-teman blogger ikuti, nih. Biasanya, kegiatan pengembangan yang dilakukan berupa workshop dalam satu hari yang temanya nggak jauh-jauh dari blogging atau kemampuan personal sebagai blogger, seperti tentang teknik penulisan, optimasi blog, dan teknis yang perlu diketahui pada sebuah blog.

Nah, yang seru lagi, ada juga workshop seputar pengembangan diri sebagai blogger. Misalnya tentang personal branding yang bisa digunakan untuk membentuk karakter blog kamu, atau ada juga tema public speaking yang bisa membantu kamu berkomunikasi di depan banyak orang saat menghadiri event bersama blogger atau brand.

BloggerView

 

Blogger CronySumber: Instagram BloggerCrony

Kegiatan lainnya dari BloggerCrony yang dilakukan secara rutin adalah BloggerView. Kegiatan ini semacam praktik dari workshop yang telah diikuti para anggota. Hal tersebut disebabkan karena para anggota akan dilibatkan untuk berinteraksi secara profesional bersama para brand atau agensi saat berlangsungnya BloggerView. Jadi, ilmu menulis, public speaking, ataupun personal branding yang sudah didapat bisa langsung kamu coba praktikkan saat kegiatan ini.

BloggerCare

Blogger CronySumber: Instagram BloggerCrony
 

Setelah seru-seru belajar di BloggerHangout dan praktik di BloggerView, teman-teman dari BloggerCrony juga masih punya kegiatan sosial, lho. Kegiatan ini melibatkan para blogger untuk tetap memiliki rasa tanggung jawab sosial akan lingkungan sekitar mereka. Para blogger akan diajak untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sebagai volunteer kegiatan sosial atau bisa juga menulis hal-hal lain bersifat sosial. Dari kegiatan BloggerCare ini, bisa dilihat bahwa ada cukup banyak blogger yang memiliki concern untuk isu-isu sosial tanpa mengharapkan benefit material sama sekali.


BloggerCrony sendiri saat ini punya ribuan anggota yang aktif, nih, teman-teman. Berdasarkan data yang dimiliki, anggotanya sudah mencapai 1000-an dan tersebar di seluruh Indonesia, lho! Mulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogja, Lombok, Bali, Medan, dan kota-kota lainnya. Blogger yang gabung juga datang dari kalangan yang cukup variatif, mulai dari tua, muda, newbie, hingga profesional juga ada.

 

Blogger CronySumber: Facebook
 

Kalau kamu mau gabung dengan BloggerCrony, bisa lho langsung buka Facebook dan cari BloggerCrony Community. Jangan lupa untuk isi form anggota juga, ya.

Sebelum mengakhiri obrolan kali ini, BloggerCrony ingin mengutarakan harapannya untuk teman-teman blogger, nih. BloggerCrony berharap teman-teman blogger dapat terus menambah kemampuan dan saling support satu sama lain agar semakin solid, dan semoga BloggerCrony dapat terus menjaga amanah para anggota dan partner. BloggerCrony juga berharap dapat terus menjadi fasilitator untuk membuka kesempatan belajar dan praktik bagi blogger-blogger di Indonesia. Pastinya harapan-harapan tersebut ditujukan untuk merasakan manfaatnya bareng-bareng, dan happy semua. Intinya ingin grow together bareng bloggers Indonesia.

Nah, untuk kalian para blogger yang ingin tau info komunitas lainnya, rajin-rajin berkunjung ke Blog C2live, ya. Kalian juga bisa belajar blogging dari artikel Blogging 101. Tungguin terus artikel baru kami ya, Bloggers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *