Menulis Jurnalistik ala Blogger bersama Blogger Reporter ID

Guys, gimana tanggapan kamu soal artikel komunitas blogger kemarin? Kali ini, C2live bakal ngenalin kamu ke komunitas lainnya, yaitu Blogger Reporter Indonesia (BRID). BRID adalah sebuah komunitas yang akan banyak mengajari kamu untuk membuat tulisan greget, tapi tetap memiliki kaidah jurnalistik.

BRID dibentuk pada tahun 2012 oleh Hazmi Srondol sebagai founder dan Ani Berta sebagai co-founder. Ide pembentukan komunitas ini tercetus karena banyaknya blogger yang sering diundang untuk acara dari berbagai brand. Untuk itu, BRID lahir sebagai wadah bagi orang-orang yang suka menulis reportase ala Blogger.

Komunitas BRID didirikan dengan tujuan sebagai wadah partnership yang saling mengisi dengan para jurnalis. Di saat para jurnalis membuat berita dalam bentuk hard news, maka BRID menyajikan berita dalam bentuk soft news yang nantinya akan didistribusikan melalui blog para anggota. Hal ini membantu publik untuk mendapatkan berita di internet dengan berbagai sudut pandang untuk memperkaya jendela informasi mereka.

Blogger Reporter ID 1

Sumber: Facebook Blogger Reporter

Selain sebagai sarana penyampaian informasi publik, komunitas BRID juga bertujuan untuk mewadahi teman-teman blogger yang ingin mendapatkan informasi seputar kegiatan menulis dengan kaidah jurnalistik. Tujuan inilah yang membuat komunitas BRID senantiasa mendampingi para blogger dalam menghadapi masalah saat blogging, berbagi informasi event dan undangan, hingga memberikan job pada blogger.

Saat ini komunitas BRID memiliki anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara online, tercatat lebih dari 2000 anggota aktif yang tergabung, dan 500 anggota aktif pada acara-acara offline. Kalau kamu mau bergabung menjadi anggota, kamu bisa langsung mengunjungi website BRID dan mengisi formulir pendaftaran. Nantinya data yang kamu serahkan akan diverifikasi oleh tim dari komunitas BRID.

Blogger Reporter ID 2

Sumber: Instagram BloggerReporter_id

Mungkin dari paragraf sebelumnya, kamu sudah menangkap abhwa kegiatan yang dilakukan komunitas BRID ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu secara online dan offline. Pada kegiatan online, para anggota akan saling berdiskusi mengenai artikel-artikel yang di-share di grup yang sudah disediakan. Sedangkan pada kegiatan offline, biasanya aktivitas akan lebih dekat dengan pendalaman kaidah-kaidah jurnalistik pada konten.

Ambil contoh tentang menulis, membuat video, fotografi dan lainnya. Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan offline komunitas BRID adalah para ahli yang kompeten di bidang-bidang tersebut. Kegiatan itu dilakukan agar para anggota dapat melakukan reportase namun tetap memiliki ciri khas sebagai blogger. Terkadang, komunitas BRID ini bekerja sama juga dengan brand untuk melakukan peliputan, namun porsinya dibatasi dengan tetap mengutamakan empowering blogger anggotasebagai inti utama dari acara yang diadakan.

Untuk blogger di Indonesia saat ini, komunitas BRID memiliki harapan agar mereka bisa menjadi calon-calon maestro karya. Blogger dapat mengembalikan fungsi blog sebagai ajang untuk berbagi wawasan, informasi, dan silahturahmi. Harapan lainnya adalah supaya bloggers mau menulis dengan lebih baik, sehingga dapat membuat karya dari opini sendiri. Lebih dari itu, diharapkan juga para blogger dapat menghasilkan ilmu pengetahuan baru yang bisa dipetik dari tulisan-tulisannya.

Blogger Reporter ID 3

Sumber: Instagram BloggerReporter_id

Sebelum mengakhiri diskusi bersama C2live, komunitas BRID juga membagi harapan atas komunitasnya di masa depan, lho. Komunitas ini berharap dapat menguatkan engagement yang baik diantara para member. Selanjutnya, komunitas BRID juga ingin memajukan diri menjadi sebuah asosiasi yang bisa menjadi jembatan peluang, informasi, dan perlindungan bagi blogger yang sering turun ke lapangan dan bagi blogger yang tersangkut masalah hukum karena tulisannya.


Demikian ngobrol C2live bareng komunitas blogging kali ini. Semoga dapat menambah informasi kamu tentang komunitas blogger yang ada, ya. Ingat untuk selalu update kabar dari Blog C2live ya, terutama pada bagian Writing 101 dan Blogging 101. Nantikan artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *