Menguak Rahasia Tulisan Viral Melalui Konten-konten yang Sukses Besar

Rahasia Tulisan ViralSebuah konten viral dapat meningkatkan traffic dalam blog ataupun website-mu berkali-kali lipat dalam waktu sekejap. Bagi orang-orang yang mengetahui rahasia tulisan viral, mereka dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk terus tampil dan mencuri perhatian audiens.

Untungnya, dengan membedah dan mempelajari konten yang telah menjadi viral, kita dapat mempelajari apa saja rahasia tulisan viral. Untuk mengetahui apa saja taktik yang dapat digunakan penulis konten untuk menciptakan artikel sukses, coba saksikan lima poin di bawah.

Baca juga: Jangan Gunakan Template Default, Yuk Percantik Blog Kamu Dengan 7 Tema Blog Ini!

5 Rahasia Tulisan Viral

1. Ikuti tren

rahasia tulisan viral

Sumber: Independent

Salah satu jaminan jumlah pengunjung yang besar dalam suatu konten adalah apabila konten tersebut mengikuti tren yang sedang ramai dibicarakan. Sebagai contoh, artikel berita dari Fox News mengenai wisata kapal pesiar bertema zombie mendapatkan 1,5 juta shares dan 400 ribu komentar.

Kunci kesuksesan tulisan tersebut terletak pada waktu terbitnya. Artikel berita tersebut dipublikasi pada Juni 2015. Pada saat itu, serial televisi The Walking Dead tengah ramai dibicarakan. Maraknya tema zombie di tahun itu dapat terlihat dari judul-judul permainan dan film yang terbit, seperti Dying Light, H1Z1, Night of The Living Dead: Darkest Dawn, Maggie, Zombie World, Dead Rising: Watchtower, dan masih banyak lagi.

Kasus ini memberikan pelajaran bagi para penulis konten bahwa salah satu dari rahasia tulisan viral adalah memperhatikan tema dan fenomena yang tengah populer.

2. Manfaatkan konten yang inspiratif

rahasia tulisan viralSebagian besar orang memiliki buku, film, ataupun pertunjukan favorit mereka. Artikel “51 Kalimat Indah dalam Literatur” dari BuzzFeed membuktikan bahwa memanfaatkan kutipan-kutipan dari buku ataupun pertunjukan favorit publik dapat menjadikan suatu konten viral.

Dengan lebih dari 9 juta views, artikel tersebut menampilkan 51 kutipan inspiratif yang terkurasi secara sistematis. Dalam kasus ini, BuzzFeed mempraktikkan kekuatan-kekuatan terbaik dalam artikel berbentuk listicle ‒ poin dalam jumlah yang besar, konten yang ringkas, format terorganisir yang memudahkan pembaca, dan gambar menarik untuk menemani konten tulisan.

3. Manfaatkan gambar yang mencengangkan

Sumber: IB Times

Perumpamaan ‘a picture is worth a thousand words’ mungkin sudah begitu sering diucapkan, namun perkataan tersebut memiliki nilai kebenaran yang besar ketika dikaitkan dengan rahasia tulisan viral. Konten tulisan yang didukung dengan gambar-gambar mencengangkan memiliki kesempatan besar untuk menjadi viral.

Artikel dari The Guardian yang berjudul ‘Overpopulation, overconsumption – in pictures’ membuktikan hal tersebut. Dengan lebih dari 700 ribu shares, artikel tersebut memanfaatkan gambar-gambar yang mengejutkan untuk menarik perhatian pengunjungnya.

Baca juga: 5 Tips Ini Bantu Kamu Lebih Jitu Menulis Artikel Berita!

4. Tawarkan fakta yang tidak lazim

rahasia tulisan viral

Sumber: Parenting.pl

Suatu artikel yang menawarkan fakta mungkin sudah biasa, tapi bagaimana bila fakta yang ditawarkan berbeda dengan kepercayaan mayoritas pembaca? Lihat saja artikel Huffington Post yang berjudul “The Likely Cause of Addiction Has Been Discovered, and It Is Not What You Think”.

Artikel tersebut melawan kepercayaan bahwa penyebab utama kecanduan adalah narkoba dengan berbagai fakta dan hasil penelitian nyata. Berbeda dengan contoh dari BuzzFeed, artikel Huffington Post ini dapat sukses karena menawarkan tulisan yang panjang dan mendalam.

Dalam kasus ini dapat diambil pelajaran bahwa fakta yang ditawarkan juga perlu dijelaskan melalui argumentasi jelas. Pada akhir tulisan, pembaca harus sudah mengerti tanpa ada lagi pertanyaan di benak mereka.

5. Menghibur audiensi

rahasia tulisan viral

Sumber: The Bored Mind

Tidak hanya video konyol dan gambar lucu saja, tulisan yang menghibur juga memiliki potensi untuk menjadi viral. Rahasia tulisan viral yang terakhir adalah ciptakanlah konten yang menghibur.

Lihat saja artikel berjudul “Earth Endangered By New Strain Of Fact-Resistant Humans” yang terbit di New Yorker. Dengan lebih dari 1 juta shares, tulisan tersebut membuktikan bahwa orang-orang ingin membagikan konten yang menghibur pada teman-teman dan kerabat mereka.

Baca juga: Mana Yang Lebih Penting: Artikel Viral atau SEO?


Ada berbagai hal yang dapat disimpulkan setelah melihat contoh-contoh tulisan viral. Selain poin-poin di atas, ada juga beberapa media yang menyatakan bahwa konten viral biasanya di publish di awal minggu, memiliki judul yang memacu emosi, ataupun memiliki isi yang cukup panjang. Namun, pada nyatanya tidak ada rumus pasti untuk menciptakan konten viral.

Cara paling pasti untuk mendapatkan konten viral adalah dengan mempelajari preferensi dari pembaca website ataupun blogmu. Cari tahu, apa pengunjung blogmu lebih senang dengan post yang mendalam dan panjang ataupun yang singkat dan to the point? Apa kamu mendapatkan lebih banyak traffic bila membahas topik kontroversial atau topik konservatif?

Untuk tips menulis dan tips blogging lainnya, kunungi Blog C2live ya!

4 thoughts on “Menguak Rahasia Tulisan Viral Melalui Konten-konten yang Sukses Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *