Rekomendasi 8 Lagu Jazz Untuk Menulis dan Meningkatkan Inspirasi

Sebagai seorang yang sering menulis, tentunya kamu pernah mengalami yang namanya writer’s block atau keadaan dimana kamu merasa stuck dan kehabisan ide menulis. Hal ini juga bisa disebabkan oleh semakin berkurangnya konsentrasi dan inspirasi ketika sedang menulis. Untungnya ada beberapa metode yang bisa membantu ketika kamu sedang stuck, salah satunya dengan mendengarkan lagu jazz untuk menulis.

Musik jazz memang sudah dikenal untuk meningkatkan tingkat fokus baik di kalangan penulis maupun murid. Hal ini karena karakteristik musik jazz secara tidak sengaja dapat ‘mendorong’ pendengarnya untuk menonjolkan personaliti dan keunikannya masing-masing. Berikut beberapa contoh lagu jazz untuk menulis yang bisa membantu kamu!

1. So What – Miles Davis

Nama pemain terompet asal Amerika ini sudah dikenal oleh penggemar musik jazz. Miles Davis memang mampu menyajikan musik jazz dengan suasana santai dan mendayu seperti pada lagunya yang berjudul So What ini.

Paduan terompet dengan desahan snare drumnya yang seksi membuat ide menulis berjalan lancar tanpa henti.

Bagi kamu yang menyukai musik jazz era 60an yang tidak diiringi dengan vokal, maka So What adalah pilihan yang tepat.

2. Warm On A Cold Night – HONNE

Duo jazz elektronik asal negara Inggris ini sedang naik daun, apalagi dalam beberapa minggu belakangan ini. Lagunya yang paling top Warm On A Cold Night pun sudah mulai dimainkan di beberapa mall dan restoran umumnya.

Pada lagu ini, synthetizer, drum, serta vokal oleh Andrew Peter Clutterbuck sangat terpadu secara sempurna. Alhasil, lagu ini pun menghasilkan nuansa mellow seolah kamu sedang menulis di tengah cuaca hujan dan dinginnya ruangan.

Lagu ini memang berkesan sangat nyaman, tapi efek fokus yang dihasilkannya dijamin bisa melancarkan kegiatan tulis menulis kamu.

3. Di Dekap Mu – Jamie Aditya

Tidak melulu dari negara luar saja, Indoesia pun punya kumpulan lagu jazz dan soul yang bisa membuat pikiran rileks dan fokus. Contohnya, lagu Di Dekap Mu yang dinyanyikan oleh Jamie Aditya dan Jakarta Soul System.

Nggak hanya romantis saja, lagu jazz untuk menulis ini dapat mewarnai isi tulisanmu seperti lantunan lagunya yang dipenuhi dengan dinamika-dinamika musik.

Jika kamu lebih suka dengan lagu soul yang penuh dengan backing vocal seperti paduan suara dan tidak terlalu banyak menggunakan alat musik, kamu pasti akan suka dengan lagu ini.

4. They Can’t Take That Away From Me – Gloria Estefan

Kakak beradik pemusik jazz George Gershwin dan Ira Gershwin yang berjaya pada era tahun 1920an ini memang sudah banyak mengeluarkan lagu-lagu jazz yang cocok untuk menulis ataupun belajar. Contohnya adalah lagunya yang berjudul They Can’t Take That Away From Me.

Walaupun diciptakan oleh kakak beradik Gershwin, lagu ini kerap sering dibawakan oleh penyanyi Kuba bernama Gloria Estefan. Versi lagu yang dibawakan oleh Gloria ini pun kental dengan beat blues dan bossa nova yang menghasilkan suasana rileks.

Lagunya yang mengalun dengan indah pun cocok didengarkan ketika kamu sedang menulis dan mencari inspirasi tambahan.

5. Piri-Piri – Takuya Kuroda


Lagu ini memang belum terlalu banyak diketahui banyak orang. Namun, para penggila jazz tentunya pernah mendengar nama Takuya Kuroda. Seorang pemain terompet dan komposer asal Jepang yang sudah mengeluarkan tiga album resmi.

Lagunya yang berjudul Piri-Piri adalah campuran antara jazz dan funk. Bagi kamu yang sedang stuck ketika menulis, lagu ini akan menemani kamu dengan personalitinya yang riang dan uplifting.

6. The Nearness Of You – Norah Jones


Jika kamu ingin mendengarkan lagu jazz yang tipenya agak mendayu dan romantis, memang tidak lain dari penyanyi campuran Amerika-India Norah Jones. Album pertamanya Don’t Know Why sudah umum dijadikan lagu jazz untuk menulis.

Di Album ini, Norah Jones juga meng-cover lagu The Nearness Of You yang awalnya dinyanyikan oleh Ella Fitzgerald. Lagu ballad jazz ini mempunyai lantunan lirik yang sangat romantis dan tentunya dapat membuat para pendengar merasa dicintai.

Tentunya, lagu ini dapat mengangkat mood kamu yang tadinya sedih menjadi lebih baik. Dengan mood yang baik, pekerjaan menulis pun akan selesai lebih cepat.

7. Caravan – John Wasson


Soundtrack film Whiplash yang fenomenal ini juga menjadi pentolan lagu jazz bertema uplift. Dengan gebukan drum dari berbagai tempo, lagu Caravan ini mampu mengisi pikiran kamu yang kosong ketika sedang menulis.

Lagu ini pun cocok untuk membuat kamu bekerja lebih cepat karena beat lagunya. Pokoknya, jika kamu merasa kamu menulis terlalu lama, langsung saja dengarkan lagu Caravan.

8. Me & Mr Jones – Amy Winehouse


Lagu jazz untuk menulis yang dinyanyikan oleh mendiang Amy Winehouse ini sangat kental dengan genre jazz yang umum dimainkan era 50-60an. Selain lagu Me & Mr Jones, penyanyi jazz asal Inggris ini juga sering mengeluarkan albumnya yang berisi lagu-lagu zaman dulu.

Yang menjadi ciri khas dari Amy Winehouse adalah brass section-nya yang terus mengiringi sepanjang lagu. Lagu-lagu dari Amy Winehouse pun dapat memberikan inspirasi dan ide-ide menarik.


Beberapa rekomendasi lagu jazz untuk menulis ini tidak hanya bisa membuat kamu tetap fokus, tapi juga meningkatkan kualitas konten yang kamu tuliskan. Nah, setelah selesai menuliskan konten yang berkualitas, jangan lupa untuk memasukkan link-nya di situs portfolio C2live! Selamat menulis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *