Mengintip Kisah Perjalanan Sulung Siti Hanum, Juara Kompetisi Blogging C2live & Skyscanner!

Perjalanan hidup memang nggak bisa diduga. Mungkin, kalimat itulah yang terlintas di benak seorang Sulung Siti Hanum. Pasalnya, ia nggak pernah menyangka kalau hobi menulis dan travelling bisa membuahkan sebuah prestasi.

Kali ini, C2live berkesempatan untuk mengobrol dengan Siti mengenai mimpi, hobi, dan juga passion yang membawanya menjadi salah satu pemenang kompetisi blogging Skyscanner. Yuk, kita simak sama-sama!

1. Terjun ke Dunia Penulisan, Seperti Apakah Awal yang Dimiliki Siti?

kompetisi bloggingSumber: Pixabay
 

Kecintaan Siti pada dunia literatur dimulai saai ia memenangkan lomba cerpen di bangku SMA. Karena hal tersebut, Siti menyadari kalau ia sangat suka menulis dan memutuskan untuk mengasah kemampuannya dengan bergabung di sebuah sanggar kreatif.

Nggak berhenti sampai di situ, Siti memutuskan untuk meneruskan pendidikannya di fakultas ilmu dan budaya, tepatnya di salah satu perguruan tinggi terfavorit di Indonesia. Nggak tanggung-tanggung, Siti menekuni program studi Sastra Indonesia sampai ke jenjang S2, lho!

Aktif di dunia literatur, Siti banyak berpartisipasi di kegiatan kepenulisan. Salah satunya malah menghasilkan sebuah buku kolaborasi berjudul Lenka dan Penunggu Puncak Ancala

2. Hobi Traveling Memantapkan Niatnya untuk Mengikuti Lomba

kompetisi blogging

Sumber: Blog JurnaLand
 

Menyukai kegiatan jalan-jalan menjadikan Siti bersemangat mendokumentasikan memori dan momen berharga dalam sebuah tulisan. Hal ini juga mendorongnya untuk membuat blog pribadi dan menulis pengalaman travelling-nya secara rutin.

Secara kebetulan, Siti pun melihat promosi kompetisi blogging C2live bersama Skyscanner dari akun jejaring sosial teman-teman blogger. Dari situ, ia memutuskan untuk menuliskan salah satu pengalaman traveling-nya untuk dituangkan dalam tulisan yang akan ia ikutsertakan dalam kompetisi blogging.

3. Mendapatkan ‘AHA Moment’ dan Menyiapkan Diri sebelum Lomba

kompetisi blogging

Sumber: Blog JurnaLand
 

Seperti kebanyakan penulis lainnya, Siti pun mengalami kesulitan saat mempersiapkan diri menghadapi kompetisi blogging Skyscanner. Apalagi setelah membaca tulisan teman-teman blogger yang jadi peserta, Siti bertekad untuk menyuguhkan cerita dengan angle yang berbeda.

Saat mempertimbangkan cerita mana yang akan ia suguhkan, Siti teringat ketika ia mendapatkan AHA moment-nya saat berpetualang ke Georgia, salah satu negara di daerah Caucasus, Eurasia. Sebetulnya, ia sempat bingung antara ingin menulis soal pengalamannnya di Taka Bonerate, Sulawesi Selatan, atau di Georgia. Akhirnya, pengalaman pergi ke Georgia dipilih karena dianggap sangat berkesan.

Musim semi itu, Siti sedang mengikuti program pertukaran budaya yang bertepatan dengan bulan puasa Ramadan. Siti harus beraktivitas sambil menjalankan ibadah puasa 18 jam lamanya. Hal ini jadi AHA moment banget buat Siti.

4. Awalnya Ingin Menghadapi Tantangan, Ternyata malah jadi Pemenang

kompetisi blogging

Sumber: Blog JurnaLand
 

Awalnya, travel blogger yang satu ini hanya sekadar ikut karena merasa tema yang diajukan Skyscanner menarik dan karenanya ia juga merasa tertantang untuk bisa menyuguhkan cerita yang menarik pula. Ditambah lagi, Siti sudah jatuh cinta dengan dunia tulis-menulis untuk waktu yang cukup lama. Siapa sangka, melakukan hal yang ia cintai malah mengantarkannya jadi pemenang.

Karena wanita ini juga sedari awal nggak menyangka akan menjadi pemenang, uniknya, Siti malah mengetahui kabar bahwa ia menjadi salah satu juara kompetisi ini dari seorang teman via messenger, lho! Menarik, kan?

5. Tips buat Teman-Teman Blogger yang Ingin Ikut Serta dalam Kompetisi

kompetisi bloggingSumber: Pixabay
 

Menurut Siti, yang paling penting dari segala hal saat ingin menulis adalah mindset. Kalau kamu ingin mengikuti lomba, jangan terpaku dengan mindset ‘harus menang’, tapi bagaimana caranya supaya kamu bisa menulis dengan lebih baik.

Siti juga memuji kompetisi blogging yang diselenggarakan oleh C2live bersama dengan Skyscanner. Menurut pendapatnya, kompetisi ini bukan hanya seru, tapi juga asyik karena nggak cuma melihat statistik dari satu entry, tapi juga isi kontennya.

6. Apa Kelanjutan Karya Siti setelah Kompetisi Blogging C2live bersama Skyscanner?

kompetisi bloggingSumber: Lum3n.com
 

Berhasil menyabet gelar juara dengan Peradaban Awal di Old Tbilisi Wall, Georgia nggak membuat Siti berhenti berkarya. Setelah ini, ia berencana untuk terus meng-update tulisan di laman blognya secara rutin. Cita-cita terbesarnya untuk menerbitkan novel sendiri juga akan terus ia kejar.


Gimana pendapatu setelah membaca sharing di atas, guys? Perbincangan dengan Siti membuktikan bahwa rasa cinta terhadap hal yang kita lakukan bisa berbuah manis, asalkan kita terus berusaha untuk memperbaiki diri dan menjalani tiap prosesnya dengan senang.

Bagi kamu yang menyukai dunia tulisan, jangan pernah menyerah dan asah terus kemampuanmu! Siapa tahu ke depannya kamu juga bisa menuai prestasi seperti Siti, bukan? Karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi blog C2live juga ya, karena ada banyak tips inspiratif untuk mengasah kemampuan menulis kamu. Salam menulis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *