5 Tips Ini Bantu Kamu Lebih Jitu Menulis Artikel Berita!

Setiap hari, banyak jurnalis menulis artikel berita disajikan di berbagai media, baik online ataupun cetak. Isinya beda-beda, bisa kejadian, gaya hidup, makanan, atau topik apapun yang sedang hangat saat ini.

Berita yang sedang ngetren tidak hanya bisa memberikan kamu informasi tentang hal apa yang terjadi di sekitar kamu, lho! Berita itu bisa kamu jadikan inpirasi menulis dan bermanfaat untuk menaikkan pembaca tulisanmu.

Lalu, bagaimana memilih berita yang sesuai? Pasalnya, tidak semua berita relevan dengan isi blog kamu. Mau tahu jawabannya? Simak 5 tips menulis artikel berita sebagai ide tulisan berikut ini.

1. Pilih berita yang sesuai

menulis artikel berita

Berita yang lagi ngetren itu nggak hanya satu, pasti ada banyak berita dalam satu hari. Supaya kamu nggak bingung mau nulis apa, ada baiknya kamu pilih berita yang paling sesuai dengan isi blog kamu.

Misalnya, dalam satu hari ada 3 berita yang gencar muncul di media, yaitu kebakaran di suatu daerah, fidget spinner, dan artis papan atas yang mau tunangan. Jika kamu seorang fashion blogger mungkin berita soal pertunangan artis adalah berita yang relevansinya paling dekat dengan tulisan-tulisanmu. Kamu bisa membahas bagaimana gaya pakaian kedua artis itu saat tunangan, detail aksesorisnya, perkiraan harganya, atau lama pengerjaan baju itu.

2. Kembangkan berita

menulis artikel berita

Setelah kamu menemukan berita yang sekiranya akan kamu bahas, kembangkan berita itu. Menulis artikel berita menuntut kamu untuk kreatif, membuat tulisan yang berbeda dari tulisan-tulisan lainnya.

Kamu bisa menulis hal-hal yang berhubungan dengan berita yang lagi ngetren. Jika kamu seorang food blogger dan memilih fidget spinner, kamu bisa menulis artikel soal makanan di dunia yang menyerupai mainan itu.

3. Lihat dari sudut yang berbeda

menulis artikel berita

Tingkat popularitas setiap berita itu berbeda. Ada berita yang dibahas netizen satu hari ada juga yang sampai berhari-hari. Semakin ngetren berita yang kamu jadikan bahan tulisan, kemungkinan naiknya traffic pengunjung tulisanmu juga akan semakin banyak

Apabila berita yang paling banyak dibahas netizen adalah berita yang sulit dicari relevansinya dengan blogmu, mungkin kamu bisa melihatnya dari sudut yang berbeda.

Misalnya soal kebakaran, kamu nggak hanya bisa menulis tips untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran, tapi juga kamu bisa membahas fakta bahwa ada metode potong rambut dengan cara dibakar, makanan lezat yang masaknya dibakar, atau hal lain yang masih sedikit berhubungan dengan kebakaran, bakar, atau api.

4. Masukkan kata kunci

menulis artikel berita

Nggak jarang kamu akan kesulitan mencari inspirasi dari suatu berita. Mau dihubungkan sama lifestyle susah, mau bahas tips dan triknya sudah terlalu banyak orang yang nulis, dan mau bahas dari segi manapun sudah kehabisan ide.

Kalau memang itu kejadiannya, kamu bisa mengakalinya dengan memasukkan kata kunci dari berita itu. Kamu bisa meletakkannya di paragraf pembuka ataupun penutup. Kira-kira seperti ini: Pertunangan antara A dan Z kemarin memang layak dibilang hari patah hati nasional, nah, bagi kamu yang merasa patah hati akan kemesraan keduanya, kamu bisa mengatasinya dengan hal-hal ini …

Kalau kamu mau tahu kata kunci yang paling cocok untuk tulisanmu, kamu bisa cari jawabannya di sini.

5. Pastikan berita itu masih baru

menulis artikel berita

Memilih berita yang sesuai itu penting, tapi ada hal yang lebih penting lagi, yaitu kebaruan berita. Kalau berita hari ini kamu jadikan referensi dan diolah dengan maksimal, tapi kamu post-nya minggu depan, itu sama aja bohong.

Beritanya sudah basi. Orang nggak lagi tertarik untuk membacanya, ya, terkecuali kalau berita itu bisa tahan selama seminggu lebih. Oleh karena itu, unsur kecepatan harus kamu perhitungkan, ya. Selain kebaruan, ada beberapa hal terpenting dari berita yang juga harus kamu tahu.


Selain bermanfaat untuk meningkatkan traffic pembaca, menulis artikel berita akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih peka dengan kejadian sekitar, menjawab rasa ingin tahu masyarakat, dan membuat tulisan kamu jadi lebih update.

Lima tips ini bisa kamu terapkan saat akan mengolah berita menjadi tulisan yang berbeda ataupun saat akan menulis artikel berita. Jika merasa kemampuan menulis artikel berita kamu belum maksimal, kamu bisa lihat cara meningkatkan kemampuan menulis dan coba praktikkan tipsnya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai tips menulis lainnya di Blog C2live! Ayo asah kemampuan kamu dan perbanyak pengetahuan soal menulis, blog, SEO, dan masih banyak lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *