Tools You Need: 10 Tools SEO Gratis Dari Google Untuk Optimasi SEO Terbaik!

Untuk trafik dan hasil pencarian organik yang optimal, laman situs milikmu perlu memiliki tool SEO yang baik. Tidak jarang, pilihan tools SEO yang baik juga merupakan tools SEO gratis. Untuk menomorsatukan laman keinginanmu di halaman pertama Google, kamu perlu tahu dulu alat-alat yang bisa membantu kamu. Bagi kamu yang baru memulai dalam dunia konten, berikut 10 tools SEO gratis dari Google yang bisa membantu kamu!

1. Google Analytics

Tools SEO Gratis Dari Google

Tools SEO gratis dari Google satu ini merupakan yang paling populer digunakan untuk memantau performa trafik. Mulai dari jumlah pengunjung, lamanya pengunjung berada di situs kamu, perbandingan pengunjung baru dan pengunjung lama, hingga persentase device yang digunakan pengunjung untuk membuka situs kamu, semuanya bisa kamu lacak!

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, kamu akan tahu apa yang dicari dan diinginkan pengunjung. Sehingga kamu bisa mengoptimalkannya agar pengunjung lama tetap bertahan dan mengundang lebih banyak pengunjung baru.

2. Webmaster Tools

Google Webmaster Tools merupakan salah satu tools SEO gratis dari Google yang wajib kamu gunakan untuk meningkatkan ranking situs kamu di mesin pencarian Google. Google Webmaster Tools bisa memberikan informasi kata kunci apa saja di situs kamu yang mengundang banyak pengunjung, sehingga kamu bisa memaksimalkan keyword tersebut.

Selain itu, Google Webmaster Tools juga bisa membantu memudahkan Google saat crawling atau indexing blog kamu. Jika terjadi masalah pada saat indexing, Google Webmaster Tools biasanya juga memberi petunjuk dan solusi agar blog kamu bisa ter-index.

3. PageSpeed Insight

Tools SEO Gratis Dari Google

Tools SEO gratis dari Google satu ini bisa mengecek kecepatan akses situs atau blog kamu. Sekaligus bisa memberi petunjuk untuk mengoptimalkan kecepatan situsmu agar dapat menekan angka bounce rate (persentase pengguna yang keluar dari sebuah laman, dan tidak lanjut membaca artikel lain).

Misalnya jika ada 1.000 pengunjung ke blog kamu dan 200 di antaranya menekan tombol back setelah membaca satu artikel, maka angka bounce rate-nya adalah 20%. Semakin tinggi bounce rate, maka semakin buruk rank blog kamu karena menandakan pengunjung tidak betah berlama-lama di blog kamu. Selain itu, PageSpeed Insight juga bisa membandingkan performa halaman situsmu saat dibuka di web desktop dan web mobile.

4. Google Mobile Friendly Test

Tools SEO Gratis Dari Google

Di tengah meningkatnya laju perkembangan gadget dan smartphone saat ini, trafik yang berasal dari smartphone tentu lebih banyak dibanding trafik yang berasal dari desktop. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengoptimalkan performa situs saat dibuka dengan menggunakan smartphone.

Di Indonesia saja, ada 85% penduduk Indonesia yang menggunakan mobile phone untuk melakukan searching dan membuka 661 halaman setiap bulannya. Angka ini merupakan peluang yang tidak boleh kita lewatkan.

Nah, Google Mobile Friendly Test ini dapat mengecek kesiapan situs kamu saat diakses menggunakan perangkat mobile. Kamu juga bisa menggunakan responsive template yang sudah tersedia agar membuat situs kamu lebih mobile-friendly.

5. Google AdWords Keyword Planner

Tools SEO Gratis Dari GoogleDalam membidik halaman pertama Google, tentu kita harus menemukan keyword yang tepat, yaitu keyword yang banyak dicari orang yang sesuai dengan topik web atau blog kita. Dengan Google Adwords Keyword Planner, kamu bisa menemukan keyword mana saja yang paling populer.

Mulai dari jumlah orang yang mencari keyword tersebut, jumlah orang yang menggunakan keyword tersebut, hingga keyword suggestion lainnya dengan data yang lengkap.

6. Google Trends

Tools SEO Gratis Dari Google

Salah satu cara agar kamu selalu tahu apa yang sedang banyak dicari orang adalah dengan menggunakan tool Google Trends. Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu tinggal subscribe di Google Trends dan kamu akan mendapat email secara rutin mengenai keyword apa saja yang paling banyak dicari orang setiap harinya. Kamu juga bisa mempersempit wilayah baik dalam satu wilayah maupun regional tertentu.

7. Google Consumer Surveys

Tools SEO Gratis Dari GoogleKita semua tahu bahwa memahami apa yang diinginkan pembaca adalah kunci untuk membuat situs web menjadi besar sehingga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sementara melakukn survei tentunya membutuhkan banyak biaya, Google Consumer Surveys menawarkan pilihan gratis untuk dapat mengukur kepuasan pembaca.

Dengan tool ini kamu bisa mendapatkan data berharga tentang bagaimana pengguna melihat website atau blog kamu beserta pengalaman mereka ketika menggunakannya. Hal ini tentunya sangat membantu ketika kamu harus menguji desain situs baru atau kategori konten.

8. Google Custom Search

Tools SEO Gratis Dari GoogleGoogle Custom Search memberikan fitur pencarian di halaman blog kamu seperti mesin pencari Google itu sendiri. Tool SEO gratis ini bisa sangat membantu untuk kamu yang memiliki ribuan konten di blog atau situs kamu, sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan konten yang mereka cari di blog kamu.

9. Google Tag Manager

Tools SEO Gratis Dari Google

Sesuai dengan namanya, Google Tag Manager dapat membantu kamu mengatur, menganalisa dan memperbarui tool SEO lain yang kamu gunakan seperti tag AdWords, Google Analytic dan tools lainnya. Selain itu, tool ini juga dapat membantu kamu mengelola semua tracking external pada satu tempat.

10. Google My Business

Tools SEO Gratis Dari GoogleTools SEO gratis dari Google satu ini cocok untuk kamu yang ingin membangun brand kamu agar semakin dikenal orang dengan menggunakan mesin pencari Google. Dengan tool ini, kamu bisa memasukkan informasi mengenai bisnis kamu ke dalam database Google.

Sehingga Google akan menampilkan berbagai informasi bisnis kamu saat seseorang mengetikkannya di mesin pencari Google. Informasi tersebut akan ditampilkan dengan menggunakan layanan lainnya seperti Google Maps dan Google Place, terutama untuk kamu yang memiliki bisnis berbasis toko.


Masih banyak SEO tools lain yang memiliki fungsi yang berbeda untuk meningkatkan kinerja web kamu. Namun kesepuluh SEO tools di atas merupakan yang terbaik dan paling mudah digunakan agar web kamu dapat semakin mudah di-index oleh Google.

Google sendiri tidak pernah mengumumkan rumusnya yang digunakan untuk memilih halaman mana yang dapat menempati ranking awal, SEO tools yang dikeluarkan oleh Google inilah yang bisa kita manfaatkan untuk memudahkan web kita. Agar cepat ter-index oleh Google pada saat proses crawling.

SEO tools yang dibuat oleh Google sendiri tentu lebih baik untuk kamu gunakan agar web kamu dapat sesuai dengan algoritma yang dibuat oleh Google. Apalagi, Google merupakan mesin pencari terbesar yang digunakan oleh hampir semua orang yang menggunakan internet.

3 thoughts on “Tools You Need: 10 Tools SEO Gratis Dari Google Untuk Optimasi SEO Terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *